Jika kamu merasa sebal karena pangkal lengan / ketiak yang lebih gelap (hitam) dibandingkan bagian tubuh lainnya. Kamu tidak sendirian. Masalah ini banyak dialami oleh mereka yang terlalu sering mencukur, penggunaan krim bawah lengan berlebih, penggunaan deodoran berbahan dasar alkohol, hingga menderita diabetes. Apapun penyebabnya, selama tidak dikarenakan penyakit kulit tertentu, maka kamu tidak harus berkonsultasi dengan dokter dan bisa menggunakan satu dari 10 cara di bawah ini.

Sepuluh Cara Memutihkan Ketiak Secara Alami

Sari Kentang

Kamu bisa menggunakan sari kentang untuk memutihkan ketiak. Ada dua cara yang bisa kamu coba. Pertama, potong tipis-tipis kentang, lalu oleskan ke pangkal lengan / ketiak. Atau parut satu buah kentang dan gunakan pada ketiak. Diamkan selama 10 menit lalu bilas dengan bersih. Jika ingin hasil lebih cepat, kamu bisa mengulangi proses ini beberapa kali.

cara-memutihkan-ketiakCara Memutihkan Ketiak – (c) MSN.com

Ketimun

Sama seperti kentang, kamu bisa mengiris tipis ketimun dan mengoleskan ke pangkal lengan atau parut hingga halus dan campurkan dengan kunir dan sari lemon. Gunakan setiap hari atau dua hari sekali untuk hasil lebih baik [baca juga: Berbagai Manfaat Mentimun Buat Kulit dan Wajah].

Baking Soda

Buat pasta dari baking soda dan air biasa, gunakan sebagai scrub di ketiak untuk membersihkannya dari sel kulit mati sekaligus membuka pori-pori. Atau, kamu bisa menggunakannya secara kering setelah mandi.

Minyak Kelapa

Kandungan vitamin E di dalam minyak kelapa tidak hanya baik untuk rambut dan kulit, tapi juga bisa membantu mencerahkan warna ketiak. Sebelum mandi, pijat-pijat pangkal lengan dengan minyak kelapa selama 10-15 menit, lalu mandi seperti biasa. Dengan penggunaan secara teratur, minyak kelapa juga bekerja sebagai deodoran alami [check juga: Atasi Rambut Rusak Dengan Minyak Kelapa].

Sandalwood

Sandalwood tidak hanya wangi, tapi juga bisa memutihkan ketiak. Campurkan air mawar dan bubuk sandalwood hingga menjadi pasta. Gunakan selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Wangi dari sandalwood juga akan menyelamatkanmu dari bau badan tidak sedap.

Lemon

Jika deodoranmu sudah mengandung lemon, tapi juga mengandung alkohol atau terjadi iritasi, kamu bisa menggantinya dengan langsung mengoleskan potongan lemon pada ketiak. Tapi kamu harus menggunakan lotion sesudahnya, karena lemon juga bisa menyebabkan kulit kering [baca juga: Ayo Coba 5 Pengganti Deodorant Ini Dan Hindari Iritasi].

Kulit Jeruk

Parut kulit jeruk yang sudah dikeringkan di bawah sinar matahari selama beberapa hari. Campurkan dengan susu dan air mawar hingga membentuk pasta, gunakan sebagai scrub selama sepuluh menit. Bilas dengan air dingin.

Tepung, Yogurt, Lemon, dan Kunir Bubuk

Campurkan tepung gram dengan yogurt, lemon, dan sedikit kunir bubuk hingga menjadi pasta. Lalu diamkan di ketiak selama setengah jam. Jika ingin hasil lebih cepat, kamu bisa menggunakan campuran ini setiap hari selama dua minggu lalu kurangi menjadi tiga kali dalam seminggu [check: 5 Fungsi Yogurt Untuk Perawatan Wajahmu].

Susu

Susu juga baik untuk memutihkan area ketiak. Campurkan dua sendok makan susu dengan satu sendok makan tepung dan satu sendok makan dadih. Campur rata lalu gunakan di pangkal lengan. Diamkan hingga 15 menit lalu bilas dengan air dingin. Campuran lain yang bisa kamu coba adalah susu, madu, dan sejumput kunyit.

Tepung Beras dan Cuka

Campurkan tepung beras dengan cuka hingga membentuk pasta kental. Gunakan pasta ini pada ketiak setelah mandi air panas. Diamkan hingga mengering lalu bilas degan air hangat. Tidak hanya membuat pangkal lenganmu terlihat lebih cerah, pasta ini juga ampuh membasmi bakteri dan kuman penyebab bau tak sedap.

Tidak sulit bukan cara memutihka ketiak di atas? Segera aplikasikan untuk mencerahkan warna ketiak yang gelap! Follow juga twitter kami di @rawatwajahmu untuk mendapatkan informasi seputar kecantikan ya!